Untuk mendorong pelaksanaan Pemerintahan dan Pembangunan di Desa Inggis berjalan dengan bersih, aman dan terhindar dari masalah hukum, maka Pemerintahan Kecamatan Mukok pada Senin (28/11/2023) kembali melakukan Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa Inggis pada pukul 13.00 WIB sampai selesai dikantor Desa Inggis.

Dalam acara Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa ini dihadiri oleh Kepala Desa Inggis (kades) beserta perangkat Desa Inggis, Ketua BPD Inggis beserta anggota, Pendamping Desa, sedangkan dari Tim Pembinaan Keuangan Desa Kecamatan Mukok terdiri dari Sekretaris Camat (sekcam) Ibu Dra. Musi’ah, Kasi Tata Pemerintahan Bapak Bambang Riky A, Kasi Trantib Bapak Bustian serta Staf kantor Kecamatan Mukok Bapak F. Andri dan Ibu Witdiawati.

Dalam kesempatan ini, Kades Inggis menyampaikan sambutannya bahwa “kegiatan Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa ini  sangat bermanfaat dan membantu dalam mengelola pendataan dan lain sebagainya dan semoga kegiatan ini dapat diagendakan rutin setiap tahunnya”.

Kemudian sambutan dilanjutkan oleh sekcam Ibu Dra. Musi’ah, yang menjelaskan bahwa “pada tahun 2023 program pembinaan ini diadakan 3 kali dalam setahun, berbeda dari tahun lalu hanya 2 kali dalam satu tahun”. Sambil tersenyum ia juga bertanya kepada Pemerintahan Desa Inggis “apakah dengan kehadiran tersebut memberatkan dana Desa atau tidak” semoga saja masih dapat dikontrol, tegasnya. Kemudian ia juga mensosialisasikan pembahasan umum mengenai masyarakat diantaranya :

  1. Demam Berdarah : “karena kasus DBD di Kecamatan Mukok sudah mulai tersebar jadi saya berpesan kepada Kepala Desa agar dapat mengingatkan dan disampaikan dalam setiap kesempatan kepada masyarakat untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan.
  2. Stunting : Menjaga asupan gizi anak, stimulasi, pola pengasuhan dan perawatan kesehatan. Mengajak para calon pengantin harus melakukan vaksinasi agar disaat ibu mengandung dapat membantu 1000 hari masa periode emas anak.
  3. Tingginya angka anak putus sekolah : beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu ; ketidakmampuan orang tua (ekonomi),jarak tempuh, struktur jalan yang rusak, tidak ada minat, tergiur untuk berkerja dan pernikahan dini.

Dari faktor tersebut, ibu sekcam berharap agar dalam setiap kegiatan saat bertemu masyarakat dapat memberikan edukasi tentang pentingnya pendidikan dan memberikan motivasi kepada peserta didik.

Kemudian sambutan diakhiri oleh bapak Bustian, ia menyampaikan agar desa dapat membantu untuk memanfaatkan anggota linmas. Kemudian beliau juga mengingatkan bahwa dimulai hari ini sudah dilakukan kampanye sampai hari tenang. Dari itu selaku perangkat desa harus tetap netralisasi dan tidak menampakkan diri dalam berpolitik.