Senin, 27 November 2023 Pemerintahan Desa Inggis telah melaksanakan “Pelatihan Pembudidayaan ikan Keramba Apung Kepada Kelompok Perikanan Desa Inggis Kecamatan Mukok Kabupaten Sanggau Tahun Anggaran 2023”. Pelatihan ini mengundang Narasumber dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau yang diwakili oleh Kepala Bidang Perikanan Ibu Butet Karolina BR Barus, S.P. Adapun pelatihan ini juga dihadiri oleh anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Inggis serta peserta pelatihan yang diikuti oleh 4 kelompok perikanan dari 4 Dusun.

Dalam sambutan Kepala Desa Inggis Bapak Sunardi, S.P. menyampaikan bahwa “setiap Dusun sudah mendapatkan keramba ikan walaupun belum menyeluruh setiap RT ada, Ini dikarenakan anggaran yang terbatas. Bapak Sunardi juga berpesan kepada kelompok perikanan agar  pemeliharaan ikan keramba ini bisa berhasil dan berkelanjutan, serta ia berharap kepada Ibu Butet agar dapat menampung keinginan kelompok perikanan dikemudian hari”.

Sambutan dilanjutkan oleh Ibu Butet selaku pemateri dalam pelatihan ini, ia menyampaikan bahwa Dinas DKPTPHP khususnya Bidang Perikanan siap menerima proposal apapun tetapi tidak dengan pembuatan keramba, dikarenakan akan memakan dana yang begitu besar, sedangkan yang akan dibina ada 15 Kecamatan. Dari itu dinas hanya melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan (pembinaan bantuan berkelanjutan) seperti memberikan bantuan benih dan pakan, pembinaan pengolahan hasil ikan dan lain sebagainya. Beliau juga menambahkan bahwa “saya siap membantu jika anggaran memadai, kelompok perikanan berpotensi dan berkeinginan tinggi”. Serta tujuan utama ini adalah untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat, menunjang perekonomian dan dapat menekan angka stunting.